Bersin

Hok ya! Hahaha, ketemu lagi sob.... Hmmmmmm, gimana dengan keadaan kalian? Semangat bukan? Yahhhhh, ada yang lagi bersin-bersin tuh..... Mohon dengan sangat, itu yang lagi bersin-bersin coba ditutup pake tsu atau sapu tangan tolong yaaaaa? Hahahahaha. Sip, gitu doooong, kalau ditutup gitu kan nggak nyemprot kemana-mana kan? Hahah...

Nih, ada tulisan tentang bersin nih sob, buat nambah pengetahuan saja tentang hal-hal yang sering kita jumpai disekitar kita. Tau kan semua apa itu bersin? Iya lah yaaaa? Atau mungkin kalau digambarkan ke kata-kata, Bersin ialah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Eh, kalau menurut sumber sih, udara yang keluar saat kita bersin dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam) sob, Wussssss....wusssss....wusssss... ternyata kenceng bangeeeeeetttt!

Bersin ini dapat menyebarkan beberapa jenis penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi, dan diameter butiran air tersebut antara 0,5 hingga 5 µm dan sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin. Wihhhhhh.....

Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma) Selain itu sob, ada juga kepercayaan-kepercayaan lokal yang mengartikan bersin memiliki makna tertentu. Semisal, seperti pada masa 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia. Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggarisbawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Kemudian, Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar. Sedangkan di Jepang, ada kepercayaan bahwa bersin adalah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang yang berada jauh daripadanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Ada juga keyakinan orang-orang diIndia nih sob, Ada keyakinan umum disana bahwa orang yang bersin mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Psychology Today melaporkan bahwa para pilmuwan India menyebut ketidakmampuan untuk bersin sebagai "asneezia"; orang India telah lama mempunyai kebiasaan untuk menghirup tembakau sebagai cara untuk menimbulkan bersin secara artifisial.

Gituh sob, dan aku pamit yaaaaaa?? Ngantuk euy, hmmmmmm, dan ini aku kutip dari Wikipedia Indonesia.

Leave a Reply