Kentut

kentut

Sekedar untuk menambah pengetahuan, pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas tentang kentut. Agar Kita jangan cuma tahu bau dan suaranya saja(ghoib). tapi kita juga harus tahu dari mana kentut itu,, dan kemana perginya. Ok, berikut ini beberapa fakta tentang kentut yang bmungkin kamu belum tau.

1. Dari mana asal kentut?

Kentut berasal Dari gas dalam usus. Sedangkan Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia, dan gas dari bakteria yang ada didalam perut.

2. Apa saja komposisi dari kentut?

Unsur-unsur yang terkandung dalam kentut sangat Bervariasi. Misal; semakin banyak udara yang Kamu telan, maka semakin banyak kadar nitrogen yang terkandung dalam kentut yang kamu hasilkan. Karena, oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus.

Selain itu, Adanya bakteria serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus akan menghasilkan gas karbondioksida. Sedangkan Bakteria itu sendiri juga menghasilkan gas metana dan hidrogen. Jadi, Proporsi masing-masing gas sangat tergantung pada apa yang Kamu makan, berapa banyak udara yang tertelan, jenis bakteria dalam usus, dan berapa lama kita menahan kentut.

Makin lama menahan kentut, maka akan semakin besar kandungan kadar nitrogennya. Karena, gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Sedangkan, Orang yang makannya tergesa-gesa, kadar oksigen yang terkandung dalam kentutnya cendrung akan lebih banyak, karena tubuhnya tidak sempat untuk mengabsorbsi oksigen.

3. Kenapa kentut berbau busuk?

Bau kentut timbul karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan yang merupakan senyawa yang mengandung sulfur (belerang). Semakin banyak kandungan sulfur dalam makanan yang kamu makan, maka semakin banyak juga sulfida dan merkaptan yang akan diproduksi oleh bakteri yang berada didalam perut. Sehingga, semakin busuklah kentut yang kamu hasilkan.

Adapun makanan seperti Telur dan daging juga mempunyai peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Sedangkan Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi?

Kentut mengeluarkan bunyi Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Sedangkan Kerasnya bunyi yang ditimbulkan oleh kentut tergantung pada kecepatan gas yang keluar.

5. Kenapa kentut yg busuk itu hangat dan tidak bersuara?

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan akan menghasilkan panas, dan efek sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme bakteria yg berbau busuk. Inilah kemudian yang menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya,tapi, SBD (Silent But Deadly).

6. Berapa banyak kentut diproduksi sehari?

Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

7. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur?

Itu dikarenakan density-nya lebih ringan. dan kalau memang gas kentut melakukan perjalanan ke atas apakah kita sanggup untuk bertahan dengannya? Bersyukurlah Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus.

Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Dan ketika tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan kembali dan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit.

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain?

Waktu yang diperlukan sangat Tergantung pada kondisi kelembaban udara,, suhu udara, kecepatan angin, arah angin, berat molekul gas kentut, dan jarak antara 'transmitter' dengan 'receiver. Ketika meninggalkan sumbernya, gas kentut akan segera menyebar dan konsentrasinya akan semakin berkurang. Tapi Apabila kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti kentut mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali, apabila kamu kentut di ruang sempit, seperti lift atau mobil misalnya, maka konsentrasinya akan lebih tinggi, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu yang lama hingga akhirnya diserap dinding.

9. Apakah setiap orang kentut?

Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah meninggalpun orang masih bisa kentut.

10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan?

Ini Tidak ada kaitannya dengan gender ya. Kalau memang benar demikian, berarti perempuan menahan kentutnya, dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan karena hasil akumulasi selama tadi ditahan.

11. Saat apa biasanya orang kentut?

Biasanya pada waktu Pagi hari di toilet yang biasa disebut dengan istilah "morning thunder". Dan Apabila resonansinya bagus, maka akan terdengar di seluruh penjuru rumah.

12. Mengapa makan kacang-kacang menyebabkan banyak kentut?

Kacang-kacangan mengandung zat gula yg tidak bisa dicerna tubuh seperti; raffinose, stachiose, danverbascose. Yang apabila mencapai usus, bakteri di usus akan segera untuk berpesta pora dan akan menghasilkan banyak gas. Selain kacang-kacangan makanan seperti Jagung, kubis, dan susu juga bisa jadi penyebab banyak kentut (tapi bukan penyebab baunya ya, melainkan seringnya.

13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut?

Tentu saja tak hanya makanan yang bisa memicu produksi kentut meningkat. Misal; Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, dan naik pesawat udara. Lo kok naik pesawat juga bisa memicu banyak kentut? Ya,karena ketika naik pesawat tekanan udara disekitar lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan ahirnya muncul sebagai kentut.

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang?

Tidak, tidak, itu berbeda. Sendawa muncul dari perut dan komposisi kimianya berbeda dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak,! Sedangkan kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri.

15. Kemana perginya gas kentut apabila ditahan tidak dikeluarkan?

Bukan diabsorbsi darah, bukan juga hilang karena bocor. Tetapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus danpada ahirnya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

16. Mungkinkah kentut terbakar?

Kentut mengandung metana, hidrogen yang comustuble seperti gas alam yang mengandung komponen ini juga. Jadi, jika terbakar, nyalaanya mungkin akan berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen didalamnya.

17. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut?

Jangan mengada-ada! Konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

18. Mengapa kentut anjing dan kucing lebih busuk?

Itu dikarenakan anjing dan kucing adalah hewan karnivora (hewan pemakan daging). Daging kaya sekali akan protein, sedangkan Protein mengandung banyak sekali sulfur, sehingga bau kentut binatang ini lebih busuk. Berbeda dengan herbivora seperti kambing, kuda, atau gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, namun relatif tidak berbau. Mau?

19. Betulkah kepala akan pusing kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?

Kentut mengandung sedikit oksigen. Oleh karena itu mungkin hanya sedikit saja Kamu mengalami pusing kepala apabila mencium bau kentut terlalu banyak.

20. Apakah kentut Tidak berwarna?

Apabila kentut warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, maka akan ketahuan siapa yang kentut.

21. Apakah kentut itu acid, basa atau neutral?

Kentut itu Acid, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida (H2S).

22. Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet Venus?

Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur (belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut di sanapun tidak akan ada pengaruhnya.