Peppermint Essential Oil

peppermint

Minyak atsiri peppermint atau biasa disebut Pepermint Essential Oil merupakan salah satu minyak atsiri (essential oil) yang paling banyak digunakan karena begitu banyak fungsi dan manfaatnya.

Essential Oil yang memiliki aroma mint yang kuat dan bisa diaplikasikan untuk berbagai produk yang tak terhitung jumlahnya ini, adalah tumbuhan asli Eropa yaitu persilangan (hibrida) antara watermint dan spearmint. Tumbuhan ini telah di naturalisasi di seluruh dunia mulai dari Amerika Serikat, Australia, hingga India. Essential oil ini biasa digunakan dalam produk gigi, sampo, sabun, aromaterapi, formulasi obat nyamuk, dan perasa makanan.

Efek analgesic minyak peppermint terdokumentasikan dengan baik karena mempunyai sensasi dingin yang efektif mematikan rasa sakit. Tidak hanya mengurangi ketidaknyamanan fisik (nyeri), akan tetapi secara aktif bekerja untuk menyembuhkan luka itu sendiri karena mengandung senyawa anti inflamasi. Oleh karena itu, minyak essential oil ini sangat berguna dan cocok untuk meredakan sakit kepala, migrain, sakit otot, sakit sendi, serta rematik.

Selain itu, Minyak esensial peppermint mengandung sifat disinfektan yang kuat yang dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi. Misal, Ketika beberapa tetes minyak peppermint ditambahkan ke sikat gigi atau obat kumur maka itu bisa membersihkan mulut serta menyegarkan nafas. Telah banyak Penelitian yang menggunakan minyak peppermint untuk perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat Utama

Adapun manfaat utama dari Peppermint Essential Oil diantaranya adalah:

  • Bermanfaat untuk masalah pencernaan
  • mengatasi sakit perut
  • mengatasi kembung, mual, dan gangguan lambung
  • mengurangi sakit kepala/migrain
  • mengatasi nyeri otot
  • mengurangi sinusitis
  • meringankan alergi.
Dan masih banyak yang lainnya.


Cara penggunaan

  • Jika baru menggunakan pertama kali, dilute/campurkan 2-3 tetes peppermint oil pada kurang lebih 10ml carrier oil (contoh : virgin coconut oil), kemudian oleskan ditelapak kaki (tempat dimana titik-titik syaraf berada) atau langsung daerah yang sakit (misal perut, leher, dsb
  • Jika sudah terbiasa menggunakan essential oil, langsung oleskan 1-2 tetes ditelapak kaki (tempat dimana titik-titik syaraf berada) atau langsung daerah yang sakit (misal perut, leher, dsb)
  • Apabila ingin diuapkan menggunakan diffuser, campurkan 2-3 tetes peppermint oil dengan kurang lebih 100ml air.


Essensial Oil dari Essenzo bisa menjadi solusi Kamu untuk sehat dengan cara yang PRAKTIS, harga TERJANGKAU, produk yang bisa dipakai sekeluarga dan terbuat dari 100% bahan ALAMI sehingga AMAN dipakai siapa saja. Tersedia dalam kemasan 10ml & 20ml. Untuk konsultasi dan info lebih lanjut, kamu bisa menanyakan langsung via Sosial Media Aun.my.id.

Leave a Reply