Asal Usul Sejarah Esia

Esia adalah merek layanan operator yang dikeluarkan oleh PT. Bakrie Telecom Tbk, operator telekomunikasi yang berbasis teknologi CDMA 2000 1x dengan layanan Limited mobility, maksudnya adalah layanan mobilitas jaringan tanpa kabel yang dibatasi dalam satu kode area.

Pengguna esia bisa melakukan semua panggilan, mulai panggilan lokal, interlokal maupun internasional.

PT. Bakrie Telecom Tbk sebelumnya dikenal dengan nama PT Ratelindo, yang didirikan pada bulan Agustus 1993,

sebagai anak perusahaan PT. Bakrie & Brothers Tbk yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat berbasis Extended Time Division Multiple Access (ETDMA).

Pada bulan September 2003, PT Ratelindo berubah nama menjadi PT. Bakrie Telecom Tbk, yang kemudian bermigrasi ke CDMA2000-1x,

dan memulai meluncurkan produk Esia.

Pada awalnya jaringan Esia hanya dapat dinikmati di Jakarta, Banten dan Jawa Barat, namun sampai akhir 2007 telah menjangkau 26 kota di seluruh Indonesia dan terus berkembang ke kota-kota lainnya.

Layanan Esia dibagi menjadi 2 (dua), yaitu Prabayar & Pascabayar.

Tersedia pula berbagai fitur tambahan seperti GoGo yang memungkinkan pelanggan mempergunakan kartu Esia di luar wilayah kotanya, serta layanan value-added services (VAS) seperti ring back tone, DV8.88 music portal dan akses internet.

Esia Prabayar adalah layanan yang menggunakan sistem pembayaran di awal melalui pengisian talktime diawal. Pilihan pengisian bisa menggunakan voucher isi ulang maupun pengisian elektronik. Pilihan voucher mulai dari Rp 1.000 dan kelipatannya seperti Rp 5.000 Rp. 10.000, Rp. 25.000, Rp 50.000, dan Rp. 100.000.

Esia Pascabayar adalah layanan yang menggunakan sistem pembayaran di akhir penggunaan. Layanan ini mengharuskan pengguna untuk melakukan pendaftaran terlebih dulu sebagai pelanggan pascabayar, dengan mengisi formulir dan membayar biaya abonemen bulanan.

Nomor NOmor Esia awalan nya tergantung dari kode area kota anda..

misal jakarta, 0219..., 0214..., 0216..., dll..

Website Resmi Esia :klik di sini

Diambil dari Wikipedia Indonesia

Related Posts

Comments