NVDA Screen Reader Gratis Solusi Pengganti Screen Reader Berbayar

Seperti sempat dibahas pada postingan terdahulu, Screen reader ialah merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk membacakan setiap teks yang muncul di layar. Kemudian teks itu akan diterjemahkan dalam bentuk audio berupa bahasa atau bisa juga dalam bentuk huruf braille dengan menggunakan hardware tambahan yang ddisebut braille display, dan biasa digunakan oleh para penyandang Tunanetra sebagai alat accsesibilytas untuk mengoprasikan/mengaccses sebuah computer.

Screen reader sudah cukup lama dikembangkan oleh orang-orang yang peduli dengan kaum disabilitas, dan ada pun beberapa merek screen reader yang biasa digunakan diantaranya adalah Supernova, windows eyes, dan Jaws for windows.

Dari beberapa daftar software screen reader di atas, JFW (Jaws For Windows) merupakan screen reader yang bisa dikatakan paling populer dan paling banyak penggunanya. Hal ini dikarenakan jaws dinilai lebih bersahabat dengan para pengguna screen reader dilihat dari segi kemampuan, aksesibelitas, serta fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut yang membuat mereka mampu mengembangkan screen reader ini pada aplikasi-aplikasi yang dinilai masih kurang aksesibel bagi mereka.

Pengalaman penulis sendiri yang nota bene merupakan pengguna screen reader mengakui keunggulan dari Jaws For Windows ini, akan tetapi, yang menjadi permasalahannya adalah screen reader ini bersifat komersil dimana para penggunanya (penyandang tunanetra) harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya untuk mendapatkan satu lisensi software ini.

Lalu seperti apa solusinya?

Bisa saja para pengguna Screen Reader menggunakan JFW hasil kreck yang banyak sekali bertebaran diInternet, tapi mungkin ada beberapa orang yang merasa kurang srek apabila menggunakan program/softwhere bajakan maka artikel ini lah jawabannya sob.

Berawal dari kepenasaran penulis "apakah ada pembaca layar/screen reader yang gratis" maka penulis mulai mencoba bertualang mencari info tentang hal ini, hingga ahirnya menemukan sebuah screen reader/pembaca layar yang bernama NVDA (none visual desktop access) dan bagi sobat pembaca yang ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang program pembaca layar ini sobat pembaca bisa mengunjungi website nya dengan url http://www.nvda-project.org/.

NVDA ini bersifat freeware dan open sorce yang memungkinkan setiap pengguna untuk mengembangkan kemampuan screen reader ini sehingga kemampuannya bisa menjadi melebihi screen reader komersil lain, bahkan mungkin bagi mereka yang mahir dalam bahasa pemograman bisa lebih mengembangkannya dibawah ketentuan-kententuan yang diberikan pihak NVDA tentunya.

Akan tetapi, kemampuan dasar dari NVDA ini sudah cukup mendukung dan membantu pekerjaan-pekerjaan para kaum tunanetra di dalam mengakses komputer seperti membaca email, browsing di internet, menulis dokumen di dalam pengolah kata seperti MS word, notepad, wordpad, dan lain-lain. Selain itu, NVDA ini dinilai ringan dalam proses kerjanya, serta tersedia NVDA yang bersifat portable yang artinya dapat dijalankan tanpa proses instalasi. Jadi sangat cocok jika kaum tunanetra bekerja di komputer orang lain yang sebelumnya tidak dipasang screen reader.

Berikut ini beberapa keunggulan dari NVDA diantaranya:

  1. NVDA bersifat freeware sehingga tidak memerlukan tunanetra untuk mengeluarkan dana tambahan
  2. Memiliki ukuran file yang relatif kecil, sehingga dapat diunduh dengan cepat (solusi bagi pengguna yang koneksi internetnya minim)
  3. NVDA sudah support banyak bahasa, dan salah satunya adalah Bahasa Indonesia sehingga NVDA bisa melafalkan kata-kata dalam bahasa Indonesia dengan lebih akurat
  4. NVDA Mendukung microsoft speech SAPI4 (Klick disini untuk info), Microsoft speech SAPI 5 (klick disini untuk info), serta E-Speak (klick disini untuk info) yang menjadi komponen internal dari NVDA itu sendiri.
  5. Dan beberapa keunggulan lain

Jadi, bisa disimpulkan bahwa NVDA merupakan salah satu solusi screen reader bagi tunanetra yang memang belum memiliki finansial yang cukup untuk membeli screen reader yang komersil. Sobat pembaca ada yang tertarik mencobanya?

Oke, karena sudah terlalu panjang (aslinya sudah cape) maka untuk link download dan cara penggunaanya kita lanjut dipostingan yang akan datang. semoga bermanfaat.

Leave a Reply