"Playing in the Dark" Jadikan Tunanetra Pembalap Hebat

Sobat pengunjung pernah membayangkan bagaimana kalau tuna netra sedang nge-game? Atau mungkin ada yang beranggapan nggak ada game yg buat tunanetra? Hmmmmm, Game balapan berikut ini salah satu contoh dari sekian banyak game-game yang diperuntukan untuk tunanetra. Apa itu?

Yap, Audio game bernama "Playing in the Dark TopSpeed" ini adalah jawabannya. Game milik playinginthedark.net ini dijamin akan membuat para tunanetra merasakan serunya bertarung di atas sirkuit untuk menjadi yang tercepat.

Dalam release beberapa waktu lalu, yaitu game TopSpeed versi 3, menyuguhkan pengalaman mengebut di jalan dengan lebih nyata lagi. Banyak pilihan format balapan yang dapat digunakan. Pemain dapat mengendarai mobil balap untuk mengalahkan mobil-mobil lain dalam single race, yang di dalamnya masih ada pilihan apakah pemain ingin membalap di sirkuit-sirkuit berbagai negara atau berpetualang di rute-rute penuh tantangan. Ada pula pilihan time trial buat anda yang ingin menguji seberapa cepat pemain mampu menaklukan sebuah sirkuit, belum lagi dengan tambahan suara efek 3D yang semakin menambah kesan nyata bagi para pemain game ini.

Adapun tombol - tombol yang digunakan untuk memainkan game ini diantaranya tombol panah kanan dan kiri untuk nafigasi, Up arrow untuk menginjak gas, left arrow untuk belok ke kiri, right arrow untuk belok kanan, dan down arrow untuk menginjak pedal rem. Jika ingin iseng, sobat bisa menekan tombol sepasi untuk membunyikan klakson. Selain itu, pemain bisa juga memilih antara Automatic atau manual untuk berpindah gigi. Jika memilih manual, gunakan tombol huruf "A" untuk menaikan level gigi, dan tombol huruf "Z" untuk menurunkannya.

Selama berada di lintasan, akan ada suara-suara instruksi yang memberitahukan adanya tikungan ke kiri atau ke kanan, memberitaukan tikungan itu menukik tajam atau biasa saja, dan lain sebagainya, dan instruksi - instruksi inilah yang membantu pemain tunanetra untuk mengendalikan mobil balapnya. Selain itu juga, pemain bisa memposisikan mobil balapnya agar tepat di lintasan (tidak terlalu ke kanan atau ke kiri), dengan cara menyimak suara mesin mobil yang dikendalikannya. Apabila mobil terlalu kekiri, maka suara akan cenderung kesebelah kiri, dan begitu sebaliknya sedang apabila mobil tepat pada lintasan suara akan berada ditengah - tengah.

Hmmmm, susah deh jelasinnya. :P Apabila memang sobat pembaca ada yang penasaran, ok, silahkan sobat bisa mendownload game ini dengan klick disini, filenya nggak besar kok, karena game ini tidak menampilkan visual, hanya audio saja, dan selamat mencoba.

NB: bagi sobat tunanetra pengguna screen reader seperti JAWS, jangan lupa untuk menonaktifkan program screen reader sobat saat ingin memainkan game ini.

Related Posts

Comments