Asal Usul Sejarah April MOP

Asal Usul Sejarah APRIL MOP

Tentunya teman-teman pernah mendengar istilah "April Mop" bukan?(Hari yang mengesalkan jika kita adalah korbannya)

Hmm,, buat yang belum pernah mendengarnya.. "April Mop itu apa sih?"

April Mop yang juga di kenal sebagai April Fools' Day dalam bahasa Inggrisnya, yang diperingati setiap tanggal 1 April. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Jahil dan iseng terhadap orang lain boleh dilakukan pada hari itu.

Yuk,, kita ikutin "Kilas Balik Sejarah April Mop."

-Istilah April Mop disinyalir sudah dikenal di Perancis pada abad 16, Sebelum ada penyempurnaan sistim penanggalan seperti yang kita kenal saat ini,tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun.(kata April diserap dari bahasa Belanda - aprire, artinya membuka) Padahal Paus Gregory telah memperkenalkan sistim penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi (mungkin belum ada TV/ Radio) tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Fools, orang-orang yang tertipu di bulan April.

INFO LOVE AND LIVE

  • Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

-April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. "Hoax April Mop"

-Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar)

-Di Perancis disebut Poisson d'avril, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu)

-Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah April noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu

-Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

-Para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

-Bahkan ada yang menganggap April mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

LELUCON LELUCON YG SANGAT TERKENAL

Albama Mengubah Nilai Pi: Newsletter New Mexicans pada April 1998 mengandung artikel yang ditulis oleh seorang ahli fisika Mark Boslough yang menyebutkan bahwa undang-undang Alabama telah mengubah nilai dari konstanta pi ke angka 3.0. Pernyataan ini sebelumnya pernah muncul pada cerita berita novel fiksi ilmiah tahun 1961, Stranger in a Strange Land oleh Robert A. Heinlein., namun lihat juga yang sebenarnya pada peristiwa Tagihan Pi Indian

Pohon Spaghetti: Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada tahun 1957, yang menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Hal ini pernah difilmkan di St. Albans

Tangan Kiri Whoppers: Pada tahun 1998, Burger King memasang iklan di USA Today yang menyatakan bahwa orang-orang bisa mendapatkan Whopper adalah orang-orang yang kidal karena bumbu yang dirancang hanya menetes dari sisi kanan.[5] Pelanggan tidak hanya memesan burger baru, tetapi beberapa secara khusus meminta burger yang "lama" yakni burger tangan kanan.

Taco Liberty Bell: Pada tahun 1996, Taco Bell mengeluarkan satu halaman penuh iklan di The New York Times yang mengumumkan bahwa mereka telah membeli Liberty Bell untuk "mengurangi utang negara" dan menamainya dengan "Taco Liberty Bell." Ketika ditanya mengenai penjualan, Sekretaris Pers Gedung Putih Mike McCurry menjawab tentang Monumen Lincoln yang juga sudah dijual dan untuk selanjutnya akan dikenal sebagai Mercury Lincoln Memorial.

San Serriffe: The Guardian dicetak pada tahun 1977 suplemen memuji fiktif ini resor, dua pulau utama (Kasus Atas dan Kasus Bawah), modal (Bodoni), dan pemimpin (Jenderal Pica). Pembaca yang penasaran kemudian kecewa ketika mengetahui bahwa San Serriffe (sans serif) tidak ada pengecualian sebagai acuan untuk menjadi tipografi terminologi. (Ini berasal dari cerita Jorge Luis Borges).)

Hari DT: Pada tahun 2008 selebaran itu diserahkan di kampus Universitas Brigham Young yang menyatakan bahwa yang terakhir dalam serangkaian asrama bangunan yang dirobohkan itu dijadwalkan akan meledak pada tanggal 1 April. Ratusan orang bersemangat muncul untuk melihat ledakan, tetapi ketakutan mereka itu tidak pernah terjadi. Biang keladinya pun tidak pernah diketahui.

Waktu Metrik: berulang kali di berbagai negara, lelucon ini melibatkan mengklaim bahwa sistem waktu akan berubah menjadi satu dalam satuan waktu yang didasarkan pada pangkat 10.

Smell-o vision: Pada tahun 1965, BBC diakui untuk melakukan uji coba teknologi baru memungkinkan transmisi bau melalui gelombang udara kepada semua pengunjung. Banyak pemirsa dilaporkan BBC dihubungi untuk melaporkan kesuksesan sidang.[11] Pada tahun 2007, situs BBC kedua versi online diyatakan merupakan sebuah tipuan.

Menara Pisa: berita televisi orang Belanda pada tahun 1950 melaporkan bahwa Menara Pisa telah terjatuh. Banyak orang terkejut dan segera menghubungi stasiun.[13]

Write Only Memory: Signetics pernah mengiklankan Databook Write Only Memory IC" pada tahun 1972 melalui akhir 1970-an.

diambil dari : http://pondok-cerita.blogspot.com/2009/03/april-mop-itu-apa-sih.html dan wikipedia indonesia

Related Posts

Comments