Kode Anti Spam VS Tunanetra

ilustrasi gambar recapcha

Ahir-ahir ini kebiasaan malas aku muncul lagi sepertinya :P.

Ya, sangat jarang sekali posting ahir-ahir ini. Mungkinkah pengaruh isyu kiamat 2012?

hehehe, Hah, sudahlah biarsaja yang berkonspirasi, menebak2, beransumsi, atau apalah nggak ngerti namanya pokoknya yang meramal2 tentang kiamat 2012 kita abaikan saja untuk dipostingan ini.

Lagi pula sudah banyak media yang membahas hal tersebut, dan yang jelas pada kesempatan postingan kali ini aku mau sedikit berbagi tentang Web Visum.

Apa itu web visum?

Sebagaimana kita tau, saat kita sedang berinternet ria sering dihadapkan dengan kode verifikasi (“verification code” atau “captcha”), yang fungsinya sebagai alat anti spam saat kita akan membuat account email, mendaftar menjadi member sebuah forum, bergabung jejaring sosial, atau hanya untuk sekedar berkomentar di blog-blog maupun website-website.

Bagi sobat pembaca yang berpenglihataan tentunya bukan sesuatu hal yang sulit dengan hadirnya anti spam ini, akan tetapi tidak begitu bagi para tunanetra yang pastinya akan mendpat kendala karena kode itu tampil sebagai image yang tidak dapat dibaca oleh screen reader.

Nah, sebuah extension Muzilla Firefox yang bernama Web Visum ini lah yang membantu para penyandang tunanetra untuk membacakan kode-kode anti spam tersebut.

Bagaimana cara menggunakan webvisum?

Karena merupakan extension Muzilla Firefox, tentunya webvisum hanya berjalan pada browser ini, dan pengalaman penulis sendiri webvisum dapat berjalan dengan baik di firefox v3xxx walau sebenarnya bisa juga dipasang untuk firefox yang lebih baru akan tetapi biasanya akan beberapa kali (tidak sering) muncul masage error yang aku sendiri nggak tau maksudnya tapi tetep masih bisa berjalan dan bisa digunakan.

Nah untuk bisa menggunakan add-on ini sobat pembaca harus mendaftar dulu untuk menjadi member di www.webvisum.com sebelum nantinya sobat bisa mengunduh dan dan menginstall/memasang Webvisum di browser firefox sobat.

Untuk mendaftar menjadi user di www.webvisum.com biasanya sobat akan diminta kode invitation yang sobat bisa mendapatkannya dengan request invitation menggunakan form yang sudah disediakan (sobat bisa klick disini untuk request invitation) atau bisa juga dengan minta bantuan pada orang yang sudah menjadi user di webvisum untuk mendapatkan kode invitation tersebut.

Setelah sobat sudah berhasil menjadi member, dan sudah conferm pendaftaran via email sobat, maka sekarang sobat bisa login dan langsung mendownload webvisum dan sekaligus memasang di firefox sobat pembaca dengan cara:

  1. Setelah sobat login di webvisum.com, silahkan klick link menu download
  2. Kemudian cari link INSTALL THE WEBVISUM EXTENSION dan apabila muncul peringatan dari firefox sobat klick allow atau tekan alt+sift+a untuk mengijinkan pemasangan webvisum di firefox sobat, lalu ikuti proses instalasinya.
  3. Sekarang webvisum sudah terpasang pada firefox sobat

Sedangkan cara kerja webvisum ini adalah membacakan kode anti spam dan kemudian menyimpannya di clipboard dan setelah tersimpan maka kita tinggal mem-paste kan ke form/kotak isian kode anti spam ini.

Untuk menggunakan webvisum ini sobat tinggal menekan menu tool>>webvisum>>solve captcha pada firefox sobat, dan apabila pada halaman web yang sedang terbuka ada kode anti spam maka webvisum akan membacakan kode tersebut yang akan memakan proses kira-kira 30 detik-an untuk kemudian disimpan di clipboard dan kemudian bisa kita pastekan pada form kode anti spam tersebut.

Selain itu, untuk memudahkan penggunanya webvisum juga memberikan sejumlah kemudahan lain yaitu dengan adanya shortcut - shortcut yang bisa kita gunakan untuk mengaccses fungsi fungsi dari webvisum. dan berikut ini adalah daftar lengkap shortcut yang bisa sobat gunakan di Firefox yang sudah terinstall Webvisum Extension.

  1. Ctrl+F1 = help
  2. Ctrl+F2 = WebVisum main menu
  3. Ctrl+Alt+1 = Label the focused object
  4. Ctrl+Alt+3 = Label the current page title
  5. Ctrl+Alt+5 = Perform OCR on focused image.
  6. Ctrl+Alt+6 = Solve the CAPTCHA on this page
  7. Ctrl+Alt+7 = Label last visited link
  8. Ctrl+Shift+! = Page Enhancement: Highlight WebVisum labels
  9. Ctrl+Shift+@ = Page Enhancement: Underline all links
  10. Ctrl+Shift+# = Page Enhancement: Hide all images
  11. Ctrl+Shift+) = Toggle Page Enhancements
  12. Ctrl+Alt+0 = Toggle Sound Events
  13. Ctrl+Shift+F2 = Enable or disable WebVisum
  14. Ctrl+Alt+R = Update or annnotate this page

Semoga bermanfaat.