Nih aplikasi yang bikin tunanetra bisa pake Android

Hallo semuanya, semoga sobat ketika nemu postingan saya ini sedang dalam keadaan super baik ya,tak kurang satu apapun, (ayo semua bilang amiiin dulu), amin...

Pada kesempatan ini saya sebagai penulis di blog ini, eh blog yang ini ding, akan coba share sebuah Aplikasi Android yang bisa membuat Tunanetra seperti saya ini bisa menggunakan Smart Fone. Sebuah aplikasi android yang membantu pengguna tunanetra dan yang memiliki gangguan penglihatan untuk berinteraksi dengan perangkat handfone yang ber-OS Android..

screen reader android

Ya, aplikasi tersebut bernama Google TalkBack. Aplikasi ini berfungsi menambahkan masukan ucapan, audio, dan getaran ke perangkat handfone, jadi ketika aplikasi ini diaktifkan semua item yang ada dilayar ponsel akan dibaca/diucapkan oleh aplikasi ini. Dengan demikian para pengguna Android yang mengalami gangguan penglihatan tinggal menjelajahi/meraba permukaan layar ponsel, dan ketika jari menyentuh/menemukan sebuah item maka akan di ucapkan oleh TalkBack. Wih, keren kan!

Cara mengaktifkan TalkBack

Untuk menggunakan aplikasi TalkBack tentunya hp kita harus sudah terinstal TalkBack. Akan tetapi, TalkBack sudah terinstal di sebagian besar perangkat Android secara default bawaan pabrik, jadi apabila kita membeli hp Android baru kemungkinan besar sudah terinstal aplikasi ini, walau banyak juga yang belum terinstal. Pengalaman saya, untuk Advan dan Efer Cros belum dibekali aplikasi ini, tapi tenang saja, itu tidak jadi kendala karena aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play, dan untuk mengetahui hp Android sudah terpasang TalkBack atau belum, sobat bisa buka pengaturan>aksesibilitas>layanan>cek disini.

Selain itu, aplikasi TalkBack ini membutuhkan sebuah aplikasi yang berperan mengubah text menjadi suara/ucapan audio yang namanya TTS (Text-to-speach), yang biasanya juga sudah terpasang secara default dari pabrik. Untuk mengetahui apakah hp android sudah terinstal TTS atau belum, sobat bisa buka menu pengaturan>bahasa dan masukan>keluaran suara/text to speach, perhatikan disitu apakah sudah ada tab pilihan tts atau belum. Kalau sudah berarti hp sudah siap untuk berbicara, tinggal aktifkan TalkBack, hp sobat langsung berbicara.

Lalu, kalau TTS nya nggak ada gimana dong? Kalau memang begitu sobat juga bisa mengunduhnya di Playstore, tenang brow, lagi lagi ini gratis, dan disarankan gunakan TTS milik Google yang namanya Google Tex-to-speach. Kok harus pake punyanya Google sih? Iya mas, soalnya artikulasi pengucapannya sudah cukup bagus, jadi kalau di hp mas TTS bawaan pabriknya bukan Google TTS, Piko TTS misalnya gitu, atau TTS TTS yang lainnya, , buruan ganti deh mas. Iya udah dicek kok ini punyaku, bukan Google TTS, tapi bagus kayaknya, ikon nya kotak kotak, hehee. Waduh, itumah teka teki silang om, emang apa yang di cek sih.

Dari pengaturan Google Text-to-speach inilah kita bisa mengatur kecepatan pengucapan, bahasa ejaan, karakter suara (suara cewek atau cowok), dan lain sebagainya. Jadi yang mengeluarkan suara/berbicara adalah aplikasi TTS, TalkBack hanya memberikan perintah atau menerjemahkan tindakan jari ditas layar yang kemudian ditampilkan dalam bentuk audio oleh TTS. Tapi itu cuma pemahaman saya lo ya, maaf kalau salah. Selain itu juga, melalui pengaturan Google TTS ini kita bisa memilih bagaimana cara text-to-speach membacakan text, yang mana ada dua pilihan yaitu expresif dan datar. Jika kita pilih mode datar maka tts akan mengucapkan/membaca sebuah text dengan datar tanpa intonasi, lempeng kayak suara robot di filem filem itu lo. Akan tetapi jika yang dipilih adalah mode expresif, aplikasi ini akan mengucapkan text dengan intonasi sesuai tanda baca yang ada, misalnya ketika membaca text yang diahiri tanda tanya maka tts akan mengucapkan layaknya orang yang sedang bertanya, dan apabila yang mengahiri text adalah tanda seru atau yang lainnya, maka ucapannyapun akan berbeda. Gimana, lucu kan.

Nah, semua sudah lengkap, sekarang tinggal mengaktifkan TalkBack. Untuk mengaktifkan TalkBack:

  1. Buka Setelan
  2. Pilih Aksesibilitas
    • Android 4.1 dan lebih baru: Sentuh TalkBack dan aktifkan, kemudian Kembali ke layar sebelumnya, lalu aktifkan Klik untuk Info
    • Android 4.0: Sentuh TalkBack dan aktifkan, kemudian Kembali ke layar sebelumnya, lalu aktifkan Klik untuk Info
    • Android 3.2 dan lebih lama: Pilih kotak centang Aksesibilitas, lalu Pilih kotak centang TalkBack
  3. Selamat, hp anda jadi bawel

Catatan: Pengalaman penulis, TalkBack nyaman digunakan mulai dari Versi Android 4.1.1 keatas. Menurut saya untuk android sebelumnya masih kurang aksesible, jadi masih sulit menggunakannya. Iya mas udah tak catet nih. Cie cie pake kata penulis segala, cie cie.

Menggunakan aplikasi TalkBack

Setelah TalkBack diaktifkan maka hp Android siap digunakan tanpa penglihatan. Perlu di ingat, setelah talkback aktif, maka ketika kita mau nge-klick tidak sama dengan keadaan hp yang tanpa talkback. Kalau biasanya sobat cukup menyentuh/mengetuk satu kali pada item yang akan di klick, maka ketika talkback sudah aktif sobat mengeklick dengan dua ketukan pada item yang akan dipilih.

Terus gimana dong cara mengetahui posisi krusor lagi dimana gitu, maksudnya biar gak salah klik gitu lo. Intinya berpegang pada apa yang diucapkan talkback. Apa yang terahir diucapkan, disitulah letak krusor. Owh gitu ya mas? Iya pak, dan buat lebih jelasnya monggo bapak bisa mengunjungi Halaman Bantuan TalkBack biar lebih jelas. Atau apabila talkback sudah terinstal silahkan aktifkan lalu gunakan menu tutorialnya, disitu nanti dipandu untuk cara menggunakan aplikasi talkback sekaligus bisa langsung praktek gitu. Semoga bermafaat, terimakasih.

Leave a Reply