Aplikasi Screen Reader Untuk HP

ponsel ber OS symbian

Siapa bilang tunanetra nggak bisa nge-gadget? Sama kayak kamu, aku juga pakai smartphone lho!

Walaupun nggak bisa lihat layar, aku bisa pakai aplikasi pembaca layar namanya TALKS yang bacain semua yang ada di layar. Jadi, aku bisa internetan, SMS-an, emailan, dan lain sebagainya.

Gimana cara kerjanya?

TALKS ibarat asisten suara di smartphone. Kalau aku pencet tombol, TALKS bakal kasih tau apa yang ada di layar. Misal, pencet tombol menu, TALKS bakal bilang "menu".

Kalau ada SMS gimana?

TALKS juga bakal bilang kalau ada SMS baru. Kalau aku pencet buka, TALKS bakal bacain isi SMS-nya.

Aplikasi ini bisa dipakai di HP apa aja?

Saat ini, TALKS baru bisa dipakai di HP Symbian minimal OS 6.0, kayak Nokia 3650, Nokia 3660, dan lain-lain. Tapi, versi terbaru TALKS yang udah ada bahasa Indonesia-nya baru bisa dipakai di HP OS 90.

Dulu sebelum ada TALKS gimana?

Dulu, aku pakai HP biasa dan hafalin semua tombol dan menunya. Kalau ada SMS, aku cuma bisa balas SMS, tapi nggak bisa baca isi SMS yang masuk. Repot sih, tapi ya daripada nggak sama sekali.

TALKS bisa didapat di mana?

Sebenarnya, TALKS bisa dibeli di situs resminya https://www.nuance.com/index.html seharga 2 jutaan rupiah. Tapi, aku dapetnya dari... (rahasia! ).

Kesimpulan,

Tunanetra juga bisa lho pakai smartphone dan ngapa-ngapain kayak orang biasa. Asalkan ada teknologi yang tepat dan kemauan untuk belajar.

Semoga cerita ini bisa menambah pengetahuan dan menginspirasi teman-teman semua!